Halaman

Rabu, 06 Maret 2013

Pekan Depan, NASA Curiosity Aktif Lagi di Mars

detail berita

CALIFORNIA - Beberapa hari lalu robot jelajah Mars, Curiosity buatan National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengalami kerusakaan pada sistem komputer. NASA mengatakan bahwa robot "pemburu" tanda-tanda kehidupan di planet merah ini segera aktif kembali mulai pekan depan.

Dilansir Watoday, Rabu (6/3/2013), rover NASA Curiosity akan online kembali dengan kemampuan penuhnya mulai pekan depan. Pada 28 Februari, diketahui robot dengan misi senilai USD2,6 miliar ini berada dalam posisi aktivitas minimal Safe Mode, setelah terdeteksi adanya kesalahan pada memori di komputer utama.


"Kami membuat kemajuan yang baik dalam pemulihan," kata manajer proyek Richard Cook dari Jet Propulsion Laboratory NASA. Kabarnya, kerusakan ini akibat adanya terpaan radiasi, yang dikhawatirkan sebagai akhir dari misi jelajah Mars sejak 6 Agustus 2012.

Controller di komputer sisi-A sedang dievaluasi dan memungkinkan NASA untuk memperbaiki komputer tersebut. Untuk sementara Curiosity ditempatkan pada sistem komputer sisi-B.

"Kami harus melewati serangkaian langkah-langkah dengan sisi-B, seperti menginformasikan komputer tentang keadaan posisi lengan, posisi tiang serta informas pada Curiosity," jelas Cook.

Tim NASA belum bisa menentukan secara pasti apakah yang menyebabkan masalah memori ini. Hanya saja, NASA menekankan bahwa Curiosity tidak pernah kehilangan kontak dengan Bumi.

Curiosity, robot beroda enam yang dilengkapi kamera canggih serta 10 jenis instrumen ilmiah merupakan robot paling mutakhir yang pernah dikirim ke Mars oleh NASA. Misi robot canggih ini ialah mencari tanda-tanda kehidupan mikroorganisme melalui penelitian sampel tanah, atmosfer maupun bebatuan Mars.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar