Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

BIRAU HARI ULANG TAHUN KOTA TANJUNG SELOR KE 222 DAN HARI JADI KAB. BULUNGAN KE 52 TAHUN 2012

HUT Kota Tanjung Selor ke 222 dan HUT Kabupaten Bulungan ke 52 yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2012 nanti akan dimeriahkan dengan berbagai Kegiatan dan Acara serta mengundang beberapa artis Ibu Kota seperti ARMADA, VIERA, SHAMILA, WULAN (KDI), H.MUCHSIN & TITIK SANDORA, REGINA (IDOL), LIMBAD, 5 BIDADARI, WULANSARI, TIFFANY (IDOL) dan H.RHOMA IRAMA.




Perayaan Birau, memperingati Hari Jadi Kota tanjung Selor dan hari Jadi Kab. Bulungan memiliki makna yang dalam, mengingat dalam perayaan Birau itu ada motto yang selalu dipegang dan menjadi acuan bagi warga masyarakat Kab. Bulungan dalam membangun daerahnya dan Motto yang selalu dijunjung tinggi itu berbunyi ” MERUDUNG BEBATUN BENUANTA” (Bahasa Bulungan) yang merupakan kata kiasan untuk membangkitkan semangat bertenguyun (Partisipasi) para warga masyarakat Bulungan.

Pada setiap penyelenggaraan Birau selalu sarat dengan berbagai upacara ritual adat yang unik dan bercirikan khas Bulungan, selain itu diikuti dengan berbagai hiburan rakyat dimana dari moment inilah Birau dijadikan sebagai sarana Bertenguyun (Partisipasi) warga masyarakat Bulungan pada masa itu dan kegiatannya selalu melibatkan warga masyarakat yang ada di Bulungan.


Birau merupakan Pesta Adat yang diperingati setiap 2 (dua) tahunan di Kab. Bulungan dimana birau itu sendiri merupakan refleksi kegembiraan atas suatu keberhasilan pencapaian sesuatu bagi pemerintah Kab. Bulungan dimana Birau bersamaan dengan kegiatan hari jadi Kota tanjung Selor dan hari jadi Kab. Bulungan.

Perayaan Birau Tahun 2012 adalah upaya memperingati hari jadi Kota Tanjung Selor ke 222, hari jadi Kab. Bulungan ke 52  menjadi rangkaian yang tidak terpisahkan sedangkan  Birau Tahun 2012 merupakan wujud rasa Syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan yang maha Esa.

Perayaan Birau tahun 2012, hari jadi kota Tanjung Selor dan hari jadi Kab. Bulungan dimana perayaan ini berdasarkan penelusuran bukti – bukti sejarah yang pernah ada di Kab. Bulungan, sejarah itu akhirnya menjadi agenda pada seminar yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kab. Bulungan yang berlangsung pada tanggal 10 dan 08 Mei 1991 dan telah ditetapkan sebagai hari Jadi Kota Tanjung Selor yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 1790 dan hari jadi Kabupaten Bulungan yang jatuh pada tanggal 12 oktober 1960.

Dimana penetapan hari jadi Kota Tanjung Selor dan hari jadi Kab. Bulungan sebagai hasil seminar itu kemudian ditindak lanjuti dengan peraturan Daerah Tingkat II Kab. Bulungan Nomor 02 Tahun 1991 tanggal 12 Mei 1991 dan disahkan dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala daerah Tingkat I Kalimantan Timur Nomor 003.3 – IV.2 – 44 Tanggal 24 Agustus 1991.

Pembukaan acara Pekan Budaya Daerah ( Birau 2012 ) di pusatkan di lapangan Agathis Tanjung Selor dengan menampilkan Tarian Massal ( Kolosal ) yang di ikuti sekitar 500 orang, tamu undangan sekitar 100 orang serta dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur dan Bupati se – Kaltim. Kemudian acara dilanjutkan dengan Upacara Adat Biduk Bebandung di Sungai Kayan, Ziarah serta Syukuran di Rumah Adat Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas Kab. Bulungan dimana dalam hal ini dilakukan oleh Bupati Bulungan yang diibaratkan sebagai Sultan Bulungan dimana Bupati dan rombongan disambut dengan Upacara adat tepung tawar dengan naik perahu yang mengelilingi sungai kayan.

Pelaksanaan Pekan Budaya Daerah ( Birau 2012 ), Pemerintah Daerah Kab. Bulungan akan diisi dengan berbagai macam kegiatan antara lain pertandingan olahraga, ferstival seni budaya, pameran pembangunan, pawai budaya dan hiburan panggung terbuka serta akan dilakanakan pesta kembang api yang akan dilaksanakan pada malam tanggal 10, 13 dan 17 September 2012.

Dalam merayakan acara Birau Tahun 2012 Pemerintah Kab. Bulungan mendatangkan artis Ibukota yang akan menghibur setiap hari bertempat dilapangan Agathis Tanjung Selor Kab. Bulungan mulai pukul 20.00 sampai dengan selesai. Adapun artis Ibukota yang akan hadir dalam Pekan Budaya Daerah ( Birau 2012 ) antara lain :
 

a.         Rabu 10 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d selesai Viera / Armada.
b.           Kamis 11 Oktober 2012 20.00 Wite s/d selesai Shamila dan Wulan KDI.
c.        Jum’at 12 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d selesai H. Muchsin Alatas dan Titik Sandora.
d.           Sabtu 13 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d selesai Regina Idol
e.           Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d Selesai Limbad
f.             Senin, 15 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d Selesai 5 Bidadari dan Wulansari
g.          Selasa, 16 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d Selesai Tiffany Idol
h.          Selasa, 17 Oktober 2012 pukul 20.00 wite s/d Selesai H. Rhoma Irama
 
Selain pelaksanaan panggung hiburan di lapangan Agathis Tanjung Selor namun perlu mendapat atensi yaitu pada saat rangkaian kegiatan lomba olah raga ( Pekan Olah Taga Kabupaten ) yang akan diikuti oleh tiap – tiap Kecamatan dan dilaksanakan di beberapa tempat antara lain :

      a.      Lapangan Agathis
      b.      Stadion Andi Tjajuk
      c.      Lapangan A. Yani
      d.      Sungai Kayan
      e.      Gedung Wanita
      f.       Lapangan Golf
      g.      Bumi Rahayu (Sirkuit KM. 9)

Untuk mendukung pelaksaan pengamanan  rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan Pekan Budaya Daerah ( Birau 2012 ) dalam rangka memperingati hari jadi Kota Tanjung Selor ke - 222 dan hari jadi Kab. Bulungan ke - 52 yang bertepatan dengan tanggal 10 Oktober 2012 kiranya polres Bulungan dapat berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk dapat bekerjasama dalam mengamankan pelaksanaan Pekan Budaya Daerah ( Birau 2012 ) dengan kendali pengamanan dari Polres Bulungan.

Perkiraan dampak dan gangguan kamtibmas yang dimungkinkan akan timbul dalam rangkaian kegiatannya, maka Polres Bulungan  perlu mengambil langkah – langkah  pengamanan pada  tempat - tempat dimana dilakukan rangkaian kegiatan Biduk Bebandung, pawai budaya, olah raga,  pengamanan di tempat pameran,  panggung hiburan dengan mengedepankan sikap simpatik dan memberikan rasa aman kepada para peserta maupun para pengunjung pameran tanpa mengurangi sikap tegas dan lugas dalam pelaksanaannya serta menindak tegas bagi oknum masyarakat yang membuat keributan serta  Melakukan Koordinasi yang baik antara Polres Bulungan dan Instansi terkait lainya Pemda Kab. Bulungan dan Panitia Penyelenggara serta  melakukan pemberdayaan potensi masyarakat seperti Toga, Tomas, Todat dan tokoh pemuda serta potensi masyarakat lainnya untuk dapat membantu mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di Kab. Bulungan .

 


  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar